• +62 536 322 9663
  • Brigjend Katamso, Palangka Raya, Kalteng, ID
02-06-2022

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Prov. Kalteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Kelautan dan Pesisir (KP) Zur Rawdoh membuka acara Pelatihan dan Penanaman Mangrove di Balai Desa Sabuai, Selasa (31/05/2022) siang. Sebanyak 20 (dua puluh) peserta dari masyarakat pesisir di Desa Sabuai mengikuti pelatihan dan penanaman mangrove ini.

Dalam sambutannya Kadislutkan Prov. Kalteng yang dibacakan oleh Kabid KP Zur Rawdoh mengatakan masyarakat pesisir agar berperan aktif dalam menjaga hutan mangrove dari kerusakan dan dapat dengan kreatif memanfaatkan hutan mangrove secara lestari untuk kesejahteraan masyarakat. “Karena selain sebagai pelindung pantai, ekosistem mangrove juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan wisata pesisir, mendukung perikanan tangkap sebagai spawning ground dan habitat bagi kepiting bakau, hasil olahan dari hutan mangrove dapat berupa sirup dari buah pohon mangrove tertentu. Oleh karena itu, menjaga kelestarian hutan mangrove berarti menjamin keberlangsungan sumber daya alam dan perekonomian di wilayah pesisir”, terangnya.


Pelatihan mangrove di Balai Desa Sabuai Kabupaten Kobar, Selasa (31/5/2022)

Pada kesempatan ini Kepala Dislutkan Prov. Kalteng menyerahkan 500 (lima ratus) batang bibit mangrove jenis avicenna kepada Kepala Desa Sabuai. Pada pelaksanaannya peserta pelatihan melakukan praktik penanaman bibit mangrove ini di pesisir Desa Sabuai yang dianggap rawan dari abrasi.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi percontohan dalam pengelolaaan hutan mangrove oleh karena itu untuk mendukung kegiatan ini, masyarakat pesisir yang telah dilatih diharapkan dapat melalukan monitoring dan pengawasan terhadap bibit mangrove yang telah ditanam agar kedepannya dapat dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir di Desa Sabuai.

Turut hadir Perangkat Desa Sabuai dan perwakilan dari UPT. Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Wilayah XXII Kotawaringin Barat sebagai penyedia bibit mangrove sekaligus narasumber kegiatan ini serta tamu undangan lainnya.

Para peserta melakukan penanaman mangrove di pesisir Desa Sabuai Kabupaten Kobar, Selasa (31/5/2022)