• +62 536 322 9663
  • Brigjend Katamso, Palangka Raya, Kalteng, ID

Perkuat Komunikasi dan Pengawasan Kawasan Konservasi Laut, Dislutkan Prov. Kalteng Serahkan Bantuan Handy Talky kepada POKMASWAS

29-05-2021 / 29-05-2021

Dislutkan Prov. Kalteng sangat mendukung adanya peran serta Kelompok Masyarakat Pengawas dalam pengelolaan dan pengawasan kawasan konservasi laut. Oleh karena itu komunikasi dan koordinasi antar POKMASWAS, perangkat desa dan pemangku kepentingan lainnya perlu dilakukan secara intensif.

Pada hari Senin, 24 Mei 2021 bertempat di Balai Desa Teluk Bogam dilaksanakan serah terima bantuan hibah alat komunikasi berupa Handy Talky (HT) sebanyak 25 unit kepada 5 POKMASWAS dari desa-desa pesisir di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Ke-5 POKMASWAS yang menerima hibah ini adalah POKMASWAS Camar Laut Desa Kubu, POKMASWAS Putra Bahari Perkasa Desa Keraya, POKMASWAS Bakau Bersatu Desa Sungai Bakau, POKMASWAS Laut Indah Desa Teluk Bogam, dan POKMASWAS Pantai Kubu Desa Kubu. Bantuan HT ini diserahkan secara langsung oleh Kadislutkan Kalteng, Ir. H. Darliansjah, M.Si kepada para ketua POKMASWAS masing-masing sebanyak 5 unit HT .

Dalam arahannya, Darliansjah berpesan agar para penerima alat komunikasi HT tersebut dapat merawat alat yang dihibahkan itu dengan baik dan dapat digunakan secara aktif untuk mendukung kegiatan pengelolaan dan pengawasan kawasan konservasi laut di wilayah masing-masing sehingga kelestarian sumber daya laut tetap terjaga dan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. “Dengan adanya bantuan alat komunikasi lapangan ini diharapkan meningkatkan keamanan petugas kelompok pengelola kawasan konservasi para anggota POKMASWAS dapat lebih efektif dalam memantau, lebih cepat berkoordinasi dan melaporkan adanya pelanggaran atau kegiatan yang melanggar hukum lainnya di wilayah konservasi laut Kalteng, sehingga angka pelanggaran bisa ditekan dan kawasan konservasi laut tetap lestari agar sumber daya laut bisa semakin melimpah dan generasi mendatang bisa tetap menikmati kelimpahan dan keindahan laut kita” tutup Darliansjah. (Lee)