• +62 536 322 9663
  • Brigjend Katamso, Palangka Raya, Kalteng, ID

Tingkatkan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Pemdes Teluk Bogam Serahkan Hibah Tanah untuk Bangun Pos Jaga KKPD

29-05-2021 / 29-05-2021

Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengelola dan melestarikan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD), maka dilakukan penyerahan hibah tanah desa yang direncanakan guna pembangunan pos jaga pengawas KKPD.

Dislutkan Kalteng Ir.H. Darliansjah, M.Si mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima hibah tanah desa berukuran 1.250 m² dari Pemerintah Desa Teluk Bogam. Pembangunan pos jaga ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan pengawasan sumber daya perikanan dan laut di wilayah laut dan pesisir Kalimantan tengah.

Penandatanganan berita acara hibah tanah tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Teluk Bogam M. Yusran dan Kadislutkan Kalteng pada hari Senin, 24 Mei 2021 di Balai Desa Teluk Bogam, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan disaksikan oleh perangkat desa Teluk Bogam, pejabat Dislutkan, serta anggota POKMASWAS dari Desa Teluk Bogam, Desa Kubu, Desa Sungai Bakau, dan Desa Keraya.

Pembangunan pos jaga dimaksudkan untuk mengefektifkan pemantauan, meningkatkan keamanan, dan sebagai tempat berteduh bagi petugas pengelola kawasan konservasi, agar tugas mereka dalam melindungi, memanfaatkan potensi perikanan, dan melestarikan kawasan konservasi dapat terlaksana dengan baik.

Kepala Desa Teluk Bogam M. Yusran dengan antusias menyatakan bahwa pihak Pemerintah Desa selalu siap untuk mendukung program pemerintah provinsi. “Hibah tanah ini adalah bukti komitmen kami untuk aktif dan partisipatif dalam mendukung pelestarian kawasan konservasi laut, lagipula tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan kami sendiri” ujarnya.

H. Darliansjah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa Teluk Bogam dan seluruh POKWASMAS di Kecamatan. “Dengan adanya hibah tanah untuk pembangunan pos jaga ini menunjukkan keseriusan dan komitmen semua pihak untuk berperan serta dalam menjaga dan mengawasi laut kita”. H. Darliansjah juga menyampaikan bahwa ada cukup banyak rencana kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan konservasi perairan yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu, beliau sangat mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar rencana-rencana kegiatan tersebut dapat segera terealisir. (Lee)